Minggu, 09 Mei 2010

Bali adalah Indonesia

Bali Surga dunia. Bali pulau Dewata. Bali taman Firdaus dunia. Bali pulau Eksotik. Bali milik dunia. Bali nan elok. Bali yang cantik. Bali dan budayanya. Bali dan pantai indahnya. Iklan itulah yang dulu sering didengar tentang Bali. Dan memang demikian Bali sebelum Tragedi Horor Bom Bali. Bali seperti magnet bagi semua penduduk dunia. Semua penduduk tersedot ke pusat industri pariwisata Gianyar, Denpasar dan Kuta. Perputaran uang terkumpul di pusat industri pariwisata tersebut. Begitu mudahnya orang berbisnis dan mendapatkan uang di Bali. Sehingga memakmurkan seluruh penduduk baik lokal maupun pendatang.



Namun semua itu telah berlalu. Kini, sejak Tragedi Horor Bom Bali bisnis pariwisata di Bali berbalik 180%. Sekarang mencari uang begitu sulit di Bali. Begitulah yang sering terdengar dari penduduknya kini. Banyak orang-orang pergi dari Bali karena pengunjung sudah tidak seramai dulu. Pengunjung telah beralih ke tempat wisata lain di dunia seperti Thailand, Malaysia dan lainnya. Walau begitu tetap saja ada pengunjung yang datang meski tidak seramai dulu.



Tidak banyak pengunjung yang tahu, dalam wilayah manakah Bali? Pertanyaan ini sering membingungkan pengunjung utamanya dari Eropa, Amerika, sebagian Asia dan lainnya. Bali adalah pulau dan povinsi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mungkin sejak Tragedi Horor Bom Bali, sedikit banyak penduduk dunia tahu bahwa Bali adalah bagian dari wilayah Indonesia. Namun masih banyak juga yang belum tahu. Indonesia adalah Negara Kepulauan yang mempunyai banyak tempat wisata dan pemandangan indah selain Bali. Bukittinggi (Ngarai, Budaya, Pantai), Jawa (Pantai, Situs Candi Kuno, Budaya, dan sebagainya), Manado (Pemandangan bawah laut Bunaken dan budayanya), Lombok (Pantai Senggigi dan lainnya) yang sekarang mulai bangkit, Pulau Komodo (Reftil langka dunia), Papua (Pantai dan Budayanya) dan lainnya. Banyak potensi dan alternatif wisata dan pemandangan alam di Indonesia. Budayanya juga beragam karena di Indonesia ada ratusan bahasa local, ratusan adapt istiadat, puluhan suku, agama dan keyakinan. Indonesia adalah Negara majemuk dan segalanya ada termasuk kekayaan alamnya yang melimpah. Indonesia adalah sebenarnya Surga dan Mutiara dunia. Indonesia adalah Negara yang punya toleransi tinggi. Pertanyaan yang sampai kini belum terjawab adalah Mengapa Penganut Islam Terbesar di Dunia adalah Indonesia, padahal Islam berasal dari Negara Arab ?



Bali tetaplah indah dan unik. Semoga tidak terjadi lagi teror yang tidak ber-perikemanusiaan lagi di Bali, sehingga pengunjung dapat tenang menikmati keindahan dan keunikan Bali. Dengan banyak pengunjung yang datang ke Bali otomatis akan meningkatkan kemakmuran penduduknya baik local maupun pendatang. Semoga…….

Tidak ada komentar: