Jumat, 23 Juli 2010

Padepokan

Padepokan merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya Asrama dan Sekolah yang menjadi satu untuk kegiatan belajar dan mengajar berbagai macam ilmu. Padepokan lebih terkenal tempat belajar dan tempat penggemblengan juga tempat tinggal para pendekar utamanya dalam dunia persilatan. Pada mulanya kata Padepokan adalah tempat tinggal para Pujangga dalam masyarakat Jawa. Namun seiring perjalanan waktu karena Pujangga juga menguasai Ilmu Kanuragan dan Kebatinan maka sebagian besar masyarakat Jawa beranggapan Padepokan merupakan tempat penggemblengan Para Pendekar.



Makna sebenarnya Padepokan adalah Tempat Tinggal orang yang punya kelebihan dalam Olah Batin maupun Ilmu Kanuragan dan juga Keahlian Lain yang berhubungan dengan masyarakat banyak. Dahulu para Raja maupun Pembesar Kerajaan yang telah mengundurkan diri dari hiruk pikuk politik kerajaan mengasingkan diri ke tempat sepi dan mendirikan sebuak Pondok yang lambat laun karena banyak yang ingin belajar maka tempat tersebut terkenal dengan nama Padepokan. Dari sinilah lahir Pendekar-pendekar Besar pada jaman dahulu dan juga Orang-orang yang duduk dalam Pemerintahan Kerajaan.



Itulah sekelumit arti dari kata Padepokan. Kenapa situs ini saya namakan Padepokan Dewandaru asal katanya memang dari situ. Saya berharap situs ini nantinya jadi tempat persinggahan dan tempat belajar bagi semua yang haus akan informasi dan ilmu. Kata Dewandaru sendiri juga berasal dari bahasa Jawa kuno yang akan saya bahas pada tulisan saya selanjutnya.

Semoga bermanfaat bagi semua……..

Tidak ada komentar: